Tips Mengatasi Sulit Tidur Secara Alami

Sulit tidur atau insomnia adalah musuh utama bagi orang yang sehari harinya penuh dengan kegiatan , betapa tidak waktu istirahat yang berguna untuk merelaksasikan tubuh dan tenaga malah tidak bisa dimanfaatkan dengan sebaik baiknya karena salah satunya sulit tidur atau insomnia, seperti di tayangan sinetron sinetron mungkin terbesit di fikiran anda ingin melakukan hal yang sama yakni jika sulit tidur anda akan menghitung domba, nonton tv, atau mendengarkan lagu yang lunak.

namun tak semua cara yang dilakukan dalam sinetron tersebut membuahkan hasil bahkan membuat rasa sulit tidur menjadi lebih parah.selain kegiatan menjadi terganggu , kerja jadi lemas dan kesehatan menurun sehingga tubuh kita akan mudah terserang berbagai penyakit termasuk diabetes. maka dari itu marilah mulai sekarang kita terapkan cara hidup sehat , konsumsi makanan sehat dan fikiran yang sehat.

Sebenarnya usaha paling cepat mengatasi insomnia ini adalah dengan mengkonsumsi obat tidur atau obat penenang namun usaha ini bisa saja menimbulkan efek samping lainnya seperti ketergantungan obat dan lain lain sehingga dikhawatirkan akan menjadi masalah kesehatan lainnya. maka dari itu sekarang saya akan sedikit mengupas sebuah Tips Mengatasi Sulit tidur secara Alami , berikut kilasannya :
  • Pertama adalah Hindari Begadang karena kebiasaan begadang juga bisa mempengaruhi ketenangan saat tidur , bayangkan saja setiap hari begadang entah itu nonton bola ataupun film lainnya sehingga setiap harinya jadi ingin begadang terus dan kebiasaan ini sangat tidak baik bagi kesehatan bahkan ilmuwan ahli kedokteranpun menemukan bahwa kebiasaan tidur terlalu malam bisa mengundang penyakit kanker hati. jadi hindari begadang. dan begadanglah jika ada artinya KATA bang Haji Roma Irama hehehe
  • Lakukan Meditasi dan olah pernafasan , anda bisa melakukan meditasi dikamar anda matikan lampu dan tenangkan fikiran tapi jangan salah kaprah "tenangkan fikiran BUKAN kosongkan fikiran" karena beda antara kedua hal tersebut dan hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kerasukan saat fikiran kosong. anda juga bisa melakukan meditasi dengan berdzikir atau mengaji . atau dengan duduk bersimpuh dan mengatur pernafasan .
  • Lakukan Olah Raga Secara Rutin. namun janganlah olah raga yang menuntut terlalu banyak tenaga yang terkuras cukup lakukan lari kecil, jalan cepat atau pemanasan pemanasan lainnya secara rutin sehingga siorkulasi di tubuh kita menjadi lancar. bisa juga dilakukan saat kita menjelang tidur namun tetap usahakan menjaga kebersihan yakni setelah olah raga kita mencuci muka atau bisa dengan berwudhu.
  • Konsumsi makanan sehat terutama yang banyak mengandung potasium dan megnesium tinggi seperti pisang , kacang almond dll. dan ternyata kandungan triptofan dalam pisang juga ampuh membuat fikiran kita tenang , hormon diotak kita rileks sehingga kita bisa cepat tertidur pulas.
  • Minumlah air putih bersih yang banyak  
  • Jauhkan Gadget dari jangkauan kita , sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kita sulit untuk melakukan hal ini, TAPI yang perlu anda tahu adalah terlalu sering kita membawa handphone saat akan tidur akan menggagu ketenangan kita , coba kita fikirkan mau tidur ada sms atau panggilan masuk sehingga rasa ngantuk menjadi buyar dan ujung ujungnya kita kesulitan untuk tidur. dan radiasi yang dihasilkan HP atau Gadget lainnya sangat berbahaya yakni bisa mengganggu fungsi otak bahkan bisa menurunkan fungsi seksual kita.
  • Jernihkan fikiran anda dengan melihat pemandangan malam diantara bintang dan bulan yang indah.
  • Lakukan pemeriksaan pada dokter anda jika insomnia anda terlalu lama karena bisa jadi anda terkena penyakit lainnya yang bisa mengganggu tidur.
 Demikianlah Tips mengatasi Sulit Tidur secara alami Semoga bermanfaat :)